Menakjubkan! 10 Khasiat Air Tebu Untuk Kesehatan Tubuh


Tebu merupakan salah satu tanaman perkebunan yang terbilang mudah dijumpai di Indonesia. Mungkin kebanyak orang mengenal tanaman ini hanya sebagai bahan baku pembuatan gula pasir saja.

Namun disamping sebagai bahan baku gula, ternyata tebu memiliki khasiat dan manfaat yang sangat mengagumkan bagi kesehatan. Kandungan karbohidrat, protein, zat besi, seng, dan potasium yang terkandung dalam air tebu sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, dengan kandungan fruktosa, sukrosa, dan glukosa yang ada di dalamnya, air tebu memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu fungsi oragan tubuh. Untuk mengetahui lebih dalam manfaat air tebu, yuk kita simak 10 khasit air tebu untuk kesehatan yang dilansir dari boldsky.com.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi air tebu secara teratur terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol dan trigliserida dalam darah, sehingga orang yang mengkonsumsinya akan terhindar dari penyakit jantung (kardiovaskuler).

2. Penguat Tulang dan Gigi

Kalsium yang terkandung dalam air tebu ternyata sangat baik dikonsumsi untuk menguatkan tulang dan gigi.

3. Membantu Mengatasi Jerawat

Air tebu ternyata memiliki kandungan asam alfa-hidroksi (AHA) yang berfungsi meningkatkan sel-sel darah putih. Mengkonsumsi air tebu secara teratur dapat menegeluarkan racun dari tubuh, dan menyembuhkan radang dan infeksi kulit.

4. Mengatasi Bau Mulut

Jika kamu bermaslah dengan bau mulut tak sedap, rajinlah mengkonsumsi air tebu. Mineral yang terkandung dalam air perasan tebu dapat memperkuat email gigi, dan menghilangkan bau tak sedap pada mulut.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air tebu ternyata kaya akan antioksidan yang mampu mengatasi infeksi, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi hati dari berbagai infeksi yang dapat menyebabkan serangan hepatitis atau penyakit kuning.

6. Meningkatkan Energi Tubuh

Mengkonsumsi air tebu secara teratur sangat baik untuk mengembalikan energi tubuh. Bahkan, air tebu sangat berguna untuk mencegah dehidrasi.

7. Mencegah Kanker

Kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan mangan yang terkandung dalam air tebu sangat baik untuk mencegah penyakit kanker. Flavonoid yang terkandung didalamnya juga dapat membantu mecegah perkembangan sel-sel kanker penyebab kanker payudara dan prostat.

8. Mengobati Diabetes

Meskipun rasanya manis, air sari tebu sangat baik untuk membantu penyembuhan diabetes. Indeks glikemik rendah yang terkandung di dalamnya terbukti dapat mengurangi peningkatan gula darah pada penderita diabetes.

9. Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Bagi kamu penderita penyakit Infeksi Menular Seksual  (IMS), batu ginjal, dan infeksi saluran kencing, dianjurkan untuk mengkonsumsi air tebu secara teratur. Buatlah campuran dari air tebu, jeruk nipis, dan minyak kelapa. Minumlah setiap hari, dan penyakitmu akan segara sembuh.

10. Menjaga Sistem Pencernaan

Jika kamu memiliki masalah dengan pencernaan, segeralah minum air tebu. Kandungan laksatif dalam tebu dapat membantu mengatasi peradangan pada usus, sembelit, kembung, dan kram usus. Potasium yang terkandung dalam air tebu juga dapat membantu menyeimbangkan kadar pH pada lambung.

Well Sista, ternyata banyak sekali khasiat air tebu untuk kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba ya, ingat konsumsi secara teratur untuk hasil yang terbaik.

Artikel Terkait

Blog ini merupakan media berbagai informasi seputar topik terkini yang diharapkan dapat menghibur dan menginspirasi pembaca.