6 Khasiat Ampuh Santan Kelapa Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala


Buah kelapa sudah lama dipercaya sangat baik untuk memelihara kesehatan rambut. Santan sebagai olahan dari buah kelapa, tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan, namun juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan rambut.

Kandungan gizi dan vitamin yang terkandung dalam santan kelapa terbukti ampuh mengobati kerusakaan rambut. Selain itu, santan kelapa juga dapat membuat rambut menjadi halus dan tampil menawan.

Perawatan rambut menggunakan santan kelapa memang bukan hal yang baru. Namun seiring berkembangnya berbagai industri kecantikan modern, ramuan tradisional yang satu ini seringkali terlupakan.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan dengan kesehatan rambut, jangan khawatir! kali ini saya telah menyiapkan 6 khasiat ampuh santan kelapa untuk kesehatan rambut dan kulit kepala yang dilansir dari boldsky.com. Yuk Sista, kita simak, apa saja sih manfaat santan kelapa untuk kesehatan rambut.

1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Kandungan nutrisi yang ada dalam santan kelapa sangat baik untuk mencegah dan mengobati kerontokan.

Cukup usapkan permukaan jari tangan pada santan, lalu pijatkan pada permukaan kulit kepala. Lakukan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

2. Mencegah Rambut Beruban

Inilah salah satu manfaat santan yang sangat luar biasa. Kandungan protein dan asam amino yang terkandung di dalamnya terbukti dapat mencegah tumbuhnya uban.
Buatlah campuran santan kelapa, lemon, dan minyak kelapa masing-masing satu sendok teh. Bilaskan pada rambut secara merata dan sampai pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air.

3. Menghilangkan Racun dan Kotoran

Kotoran yang terkumpul pada permukaan kulit kepala dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Bahkan, kotoran yang bersifat racun dapat merontokan rambut.
Cairan santan kelapa sangat bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran dan racun yang merusak rambut.

Campurkan santan kelapa dengan oatmeal masing-masing 1 sendok teh. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala secara merata, pijat-pijat selama 15 menit. Bersihkan rambut menggunakan air hangat. Untuk hasil terbaik, lakukakan perawatan ini setiap minggu.

4. Mengatasi Rambut Kering

Kandungan gizi yang tinggi dalam santan kelapa sangat bermanfaat untuk melmbabkan rambut sehingga rambut menjadi lembut dan mudah diatur.

Campurkan masing-masing 1 sendok santan dengan minyak zaitun. Usapkan campuran yang telah dibuat pada rambut secara merata. Baiarkan selama 20 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap kali sebelum mandi.

5. Menghilangkan Ketombe

Anti bakteri yang terkandung dalam santan kelapa terbukti efektif untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala secara permananen.

Campurkan santan dengan jel lidah buaya masing-masing 1 sendok teh. Usapkan pada seluruh permukaan rambut, dan baiarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat dan sedikit sampo.

6. Memperbaiki Kerusakan Rambut

Pemakaian cat rambut yang berlebihan, dan penggunaan hair drayer yang terlalu sering, terkadang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. nutrisi yang terkandung dalam santan kelapa dipercaya dapat menguatkan akar rambut dan mengatasi rambut bercabang.

Buatlah campuran 1 sendok santan denga 2 sendok minyak buah amla (Phyllanthus emblica). Usapkan pada kulit kepala secara merata dan biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya menggunakan air hangat.

Itulah sedikitnya 6 khasiat ampu santan kelapa untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. well, stelah mengetahui berbagai manfaat santan kelapa, kini waktunya Sista mencoba perawatan ajaib tersebut.

Artikel Terkait

Blog ini merupakan media berbagai informasi seputar topik terkini yang diharapkan dapat menghibur dan menginspirasi pembaca.