Sering Sulit Tidur? Lakukan 8 Hal Ini Untuk Mengatasinya!

Apakah kamu sering mengalami sulit tidur di waktu malam? Jika ya, jangan dulu berpikir insomnia, boleh jadi penyebabnya justru gaya hidupmu yang tidak sehat.

Pola hidup yang tidak teratur kerap kali membuat seseorang sulit untuk bisa tidur nyenyak. Tidur yang cukup berdasarkan anjuran dokter yaitu 7-8 jam.

Berhati-hatilah jika kamu seringkali sulit tidur, karena kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan otak. Kurang tidur juga dapat mengakibatkan stres, mudah marah, sulit konsentrasi, dan penurunan daya tahan tubuh.

Bagi kamu yang mengalami susah tidur, cobalah atasi dengan merubah rutinitas sebelum tidur. Berikut ini 8 hal yang mungkin dapat kamu lakukan untuk mengatasi sulit tidur pada malam hari.

1. Biasakan Tidur pada Jam yang Sama

Salah satu cara mengatasi sulit tidur yaitu dengan mendisiplinkan diri untuk dapat tidur pada jam yang sama setiap malam. Sepertinya mudah, namun pada kenyataannya banyak orang tidak bisa melakukannya. Apalagi kalau sudah sampai akhir pekan, biasanya orang tidur larut malam.

2. Ubah Pola Makan

Supaya kamu bisa tidur nyenyak setiap mlam, kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan berbagai minuman ringan.

Pada saat makan malam, usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas untuk menghindari gangguan pencernaan saat tidur. Repot juga jika tengah malam kamu bolak-balik toilet karena sakit perut.

3. Berhenti Merokok

Sebuah penelitian membuktikan bahwa salah satu penyebab susah tidur yaitu karena terlalu sering merokok. Kandungan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan jam biologis yang berada di paru dan otak membuat tubuh terhalang dari tidur nyenyak.

4. Matikan Lampu

Selain menghemat energi, mematikan lampu kamar saat tidur ternyata sangat baik untuk mengistirahatkan mata. Selain itu, ruangan gelap juga dapat membantu produksi serotonin dan melatonin di otak yang membantu kamu tidur nyenyak.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh menjadi rileks. Selain itu, mandi air hangat juga dapat menurunkan suhu tubuh. Jika tubuh mu dalam keadaan segar, maka kemungkinan untuk bisa tidur pulas sangat besar.

6. Matikan Gadget 

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan orang sebelum tidur yaitu bermain hp. Jika kamu ingin tidur nyenyak, cobalah untuk mematikan hp. Menggunakan hp sambil tiduran sangat tidak baik, selain membuat retina mata menjadi lelah,  juga membuat mu sulit menghentikan aktivitas.

7. Minum Susu Hangat

Salah satu cara terbaik untuk bisa tidur nyenyak adalah dengan minum  susu hangat sebelum tidur. Susu mengandung triptofan, dan asam amino esensial yang dapat membuat otak rileks.

8. Tidur lebih Awal

Sesuai anjuran dokter, waktu tidur yang baik yaitu maksimal pada jam 22.00. Alasannya, pada rentang waktu antara jam 23.00 sampai 03.00, tubuh sedang melakuka proses detoxin dibagian hati dan empedu. Proses tersebut berlangsung ketika tubuh dalam kondisi tidur pulas.

Nah, itu tadi 8 hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sulit tidur pada malam hari. Jika setelah mencoba rutinitas tersebut namun kondisi susah tidur terus berlanjut, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter.

Artikel Terkait

Blog ini merupakan media berbagai informasi seputar topik terkini yang diharapkan dapat menghibur dan menginspirasi pembaca.