33 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan Tahun 2018


Memiliki usaha yang menguntungkan tentu menjadi harapan setiap orang. Namun, kenyataannya tidak semua orang dapat meraih kesuksesan dalam usaha yang dijalani sesuai target yang diharapkan.

Salah satu faktor yang menyebabkan seorang gagal dalam menjalani bisnisnya adalah tidak tepat dalam membaca peluang usaha yang akan dijalaninya. Selain itu, banyak orang gagal berwirausaha karena tidak menguasai dengan benar bidang usaha yang ditekuninya.

Bagi anda yang ingin memulai bisnis baru, sebenarnya banyak sekali usaha yang dapat dijalankan pada tahun ini. Salah satu peluang bisnis yang telah menjadi trend dan akan terus populer beberapa tahun ke depan adalah usaha rumahan.

Keuntungan menjalankan usaha rumahan yaitu tidak memerlukan modal yang besar, namun keuntungan yang didapat cukup menjanjikan. Selain itu, menjalani bisnis dengan modal yang relatif kecil dapat meminimal resiko.

Jika anda masih bingung untuk menentukan pilihan bidang usaha yang akan dijalani, berikut ini adalah beberpa peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang mungkin dapat menjadi pilihan.

Peluang Usaha Rumahan Bidang Kuliner



Makanan merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Kebutuhan akan makanan terus meningkat seiring peningkatan populasi manusia. Peningkatan ini di sisi lain justru memberikan peluag usaha yang sangat menjanjikan.

Menjalani bisnis kuliner memang gampang-gampang susah. Salah satu hal yang mungkin sering menjadi kendalanya adalah pemasaran. Selain itu, bisnis kuliner juga memerlukan keahlian khusus dalam membuat makanan dan minuman.

Namun, jika anda benar-benar bekerja keras menjalankannya, tidak mustahil anda menjadi pengusaha kuliner yang suskses. Jika anda tidak memiliki keahlian dalam membuat makanan, mungkin anda dapat merekrut orang lain yang bisa diandalkan.

Berikut ini beberapa contoh peluang usaha kuliner dengan modal relatif kecil yang mungkin dapat menjadi pilihan.

Berjualan Aneka Kue

Salah satu bisnis kuliner yang cukup menjanjikan adalah berjualan kue. Anda bisa mencobanya dengan membuat berbagai macam kue kering maupun basah.

Jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat berbagai resep olahan kue,  tidak usah repot mengikuti sebuah kursus pembuatan kue yang akan menguras kocek. Sekarang semuanya telah hadir di internet, anda tinggal browsing di google untuk mencari berbagai informasi resep seputar kue.

Membuka Usaha Rumah Makan

Peluang usaha kuliner lain yang cukup menjanjikan yaitu membuka rumah makan. Jika anda memiliki bakat dan kemampuan membuat masakan yang lezat, boleh tuh buka rumah makan. Tidak perlu mewah, yang terpenting masakannya berkualitas; higienis, bergizi, dan sedap di lidah.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika berminat membuka usaha rumah makan, diantaranya pilihlah tempat strategis, desain warung semenarik mungkin, usahakan ada lokasi parkir, dan toilet sebagai fasilitas pendukung.

Membuka Usaha Katering

Berbeda dengan usaha rumah makan, usaha katering dapat dijalankan secara langsung dari rumah. Tentu ini akan menghemat modal, paling tidak anda tidak perlu membuat tempat khusus untuk menjajakan makanan. Bisnis yang satu ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga, meski tidak ada salahnya juga dilakukan kaum pria.

Internet yang semakin berkembang penggunaanya, dapat anda gunakan sebagai media promosi produk-produk katering yang anda buat. Anda bisa menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram untuk menawarkan makanaan.

Katering yang sukses biasanya karena mereka telah memiliki pelanggan setia. Hal yang sangat penting diperhatikan untuk mendapat pelanggan setia diantaranya yaitu, kualitas makanan, kemasan, dan tentu harga yang bersaing. Selain itu, keramahan anda saat melayani konsumen, juga menjadi pertimbangan mereka untuk kembali membeli makanan anda.

Bisnis Makanan Ringan/Camilan

Bisnis camilan memang gak ada matinya. Meskipun bukan makanan primer, nyatanya orang sangat menggemari makanan yang satu ini. Jika makan nasi hanya 3 kali sehari, mengkonsumsi camilan atau makanan ringan hampir tak mengenal waktu.

Kebutuhan akan makanan ringan yang begitu tinggi menawarkan peluang usaha tersendiri. Maka tak heran, berbagai brand makanan ringan dari mulai hasil produksi rumahan hingga perusahaan besar terus membanjiri pasar.

Bagi anda yang tertarik dengan bisnis ini, dapat memilih berbagai olahan makan ringan yang akan anda produksi, misal keripik, basreng, seblak, roti bakar, aneka jus, dan sebagainya.

Peluang Usaha Rumahan Bidang Jasa



Selain usaha kuliner, salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalani yaitu bisnis jasa yang dilakukan dari rumah. Bisnis jasa rumahan terbilang mudah untuk dijalankan, namun keuntungan yang diperoleh tidak kalah dibandingkan bisnis lain.

Ada banyak bisnis jasa rumahan yang dapat anda pilih sesuai kemampuan dan modal yang dimiliki tentunya. Berikut ini peluang usaha rumahan dalam bidang jasa yang memilik prospek cukup bagus.

Membuka Jasa Pengetikan

Bagi anda yang memiliki kemampuan mengetik dengan baik, peluang satu ini mungkin cocok untuk dicoba. Bisnis jasa pengetikan terbilang tidak memerlukan modal yang besar, cukup dengan seperangkat komputer atau laptop dan printer, anda sudah bisa memualainya.

Jika anda tertarik dengan bisnis ini, anda dapat mempromosikan usaha jasa anda dari mulut ke mulut atau melalui jejaring komunitas, seperti grup whatsapp, facebook, maupun instagram.

Tentukan market anda, misalnya kampus, kantor- kantor pemerintahan, atau berbagai instansi laian. Di kampus, anda bisa tawarkan jasa kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi, tesis, maupun disertasi. Sedangkan di beberapa instansi pemrintah anda dapat menawarkan jasa pengetikan proposal maupun pelaporan.

Membuka Usaha Warnet

Kebutuhan akan jaringan internet memang sudah tidak bisa dibendung lagi. Hampir setiap waktu orang tak bisa lepas dengan internet. Namun, tidak semua orang dapat mengakses internet sesukanya, mengingat harga paket data yang disediakan berbagai operator seluler cenderung semakin mahal.

Warnet akan menjadi pilihan alternatif lain bagi orang-orang yang terbatas budget untuk selalu berlangganan paket data seluler. Dalam kondisi seperti ini, membuka bisnis warnet merupakan peluang yang sangat menguntungkan.

Jika anda tertarik dengan bisnis warnet, alangkah baiknya memepertimbangkan dahulu permodalan yang dimiliki, mengingat membuka sebuah warnet memerlukan modal yang lumayan besar.

Namun, jika anda sudah siap dengan berbagai pertimbangannya, pilihlah lokasi warnet yang tepat. Tepat disini maksudnya warnet dibuka di tengah-tengah masyarakat yang sudah melek dengan internet, misalnya dekat sekolah, kampus, atau sekitar perumahan.

Supaya warnet selalu ramai dengan pengunjung, sediakan berbagai fasilitas pendukung untuk keperluan konsumen, misalnya toilet, persediaan camilan, atau aneka minuman ringan. Selain itu, sediakan juga game online di setiap pc di warnet anda, biasanya game online menjadi favorit anak muda zaman now.

Membuka Usaha Jasa Laundry

Jika tempat tinggal anda berlokasi di lingkungan yang didominasi pekerja atau mahasiswa, biasanya terdapat banyak kos-kosan. Pada umumnya, mereka yang tinggal di kos-kosan tak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian. Nah, salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk anda jalani di lokasi seperti itu adalah bisnis jasa laundry.

Pasanglah iklan sederhana di tempat-tempat umum terkait jasa laundry anda, jangan lupa sertakan nomor telpon yang jelas. Lakukan pelayanan denga sistem antar-jemput untuk memberikan kenyaman pada pelanggan.

Jualan Pulsa Elektrik

Satu lagi peluang usaha rumahan yang menawarkan keuntungan cukup signifikan yaitu bisnis pulsa elektrik. Kebutuhan akan pulsa kian meningkat seiring dengan berkembangnya penggunaan telepon selular. Zaman sekarang, sudah bisa dipastikan setiap orang memiliki telepon selular.

Berjualan pulsa mungkin terbilang sangat mudah, selain tidak memerlukan modal yang besar, usaha ini pun tidak memerlukan keahlian khusus. Jualan pulsa mungkin dianggap bisnis kecil jika dilihat dari keuntungan setiap transaksi, namu jika anda dapat melakukan ratusan bahkan ribuan transaksi setiap harinya, sudah bisa dipastikan omset yang didapat akan sangat besar.

Perlu anda ketahui, sekarang ini telah berkembanga payment point online bank (PPOB), yaitu sebuah sistem pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Dengan menjadi agen PPOB anda tidak hanya dapat melayani keperluan pulsa elektrik saja.

PPOB juga menawarkan layanan transaksi berbgai keperluan harian seperti pembayaran token listrik, listrik pasca bayar, PDAM, TV kabel, pemesanan berbagai tiket angkutan umum, dan keperluan lainnya.

Usaha Jasa Rental Mobil

Bagi anda yang memiliki kendaraan roda empat, usaha rental mobil mungkin dapat menjadi pilihan. Bisnis ini terbilang menjanjikan seiring permintaan akan angkutan sewa cukup tinggi selam kurun waktu terakhir.

Untuk mempercepat pertumbuhan usaha rental, anda dapat mempromosikan usaha lewat online, misalnya di facebook, instagram, atau media sosial lainnya. Terangkan berbagai kelebihan jasa rental yang anda miliki, seperti sepesifikasi mobil, tarif sewa per hari, juga berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Bisnis Jasa Steam/Cuci Mobil dan Motor

Meningkatnya pertumbuhan kendaraan bermotor setiap tahunnya, membuat peluang usaha steam/cuci kendaraan semakin menggeliat. Jika anda inggin menggeluti bisnis ini, carilah lokasi yang berada tepat di pinggir jalan dengan lalulintas kendaraan yang ramai.

Selain itu, rekrutlah karyawan yang telah memiliki pengalaman dalam bidang cuci motor/mobil sebelumnya, serta mengetahui standar kebersihan kendaraan. Untuk promosi, anda bisa pasang papan iklan di pinggir jalan, sebar brosus, atau kalau memungkinkan, anda juga dapat mempromosikannya lewat stasiun radio sekitar.

Usaha Jasa Servis Komputer

Peluang usaha rumahan bidang jasa terakhir yang mungkin patut anda coba yaitu jasa servis komputer. Bisnis ini terbilang menjanjikan seiring pertumbuhan penggunaan komputer/laptop yang kian meningkat pesat. Oleh karenanya, bisa dikatakan bisnis yang satu ini tidak akan pernah kehabisan order.

Untuk membuka sebuah layanan jasa servis komputer/laptop, tentunya anda perlu memiliki keahlian berkaitan dengan hardware dan software. Bagi anda yang berminat tapi tidak punya keahlian di bidang komputer, sebaikanya cari orang yang bisa diandalkan dan anda bisa menggajinya sebagai karyawan.

Peluang Bisnis Online Rumahan



Siring perkembangan penggunaan internet yang semakin pesat, perkembangan dunia usaha pun ternyata dengan sendirinya ikut berkembang. Pertumbuhan bisnis yang sangat mencolok salah satunya adalah bisnis online.

Berikut ini beberapa peluang bisnis online yang sedang trend dan kian bekembang dari waktu ke waktu.

Membuka Bisnis Online Shop 

Jika anda memilik produk untuk dipasarkan, sekarang mungkin lebih menjanjikan apabila pemasarannya dilakukan secara online. Salah satu kelebihan online marketing yaitu dapat menjangkau pasar dalam skala yang luas. Selain itu, biaya yang dibutuhkan juga relatif tidak besar.

Jika anda tertarik dengan sistem bisnis ini, anda bisa memulainya dengan membuat sebuah online shop/toko online. Buatlah sebuah blog/website untuk memasarkan produk anda. Jika anda sendiri tidak memiliki kemampuan untuk mendesain sebuah web/blog, anda bisa memanfaatkan jasa web designer terpercaya.

Alternatif lain untuk membuka online shop yaitu anda dapat bergabung dengan mall online/online marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia. Dengan hanya membuat akun, anda telah disediakan fasilitas semacam lapak online untuk menampilkan berbagai produk yang akan anda jual.

Perbedaan online shop dengan online marketplace yaitu terletak pada sistem transakasi. Jika dalam online shop yang anda miliki, transaksi dilakukan langsung antara anda dengan pembeli, sedangkan dalam sistem online marketplace transakasi menggunakan pihak ketiga yaitu pihak e-commerce. Persis seperti anda berjualan di mall, pembayaran dilakukan di kasir.

Bisnis Menjualkan Barang Orang Lain/Dropshipp

Bagi anda yang tidak memiliki produk untuk dipasarkan di internet, menjadi dropshipper mungkin cocok bagi anda. Bisnis ini bisa dikatakan sama sekali tidak bermodal, karena yang anda jual produk milik orang lain.

Sebagai dropshipper, yang perlu anda lakukan adalah berjuang mepromosikan produk yang akan dijual. Keuntungan seorang dropshipper diperoleh dari selisih harga jual ke konsumen dengan harga asli dari seller/pemilik barang.

Untuk memulainya, carilah toko online yang menwarkan barang berkualitas dengan harga yang bersahabat. Lalu, jalin komunikasi dengan seller, tanyakan padanya apakah menerima dropship atau tidak. Jika sudah ok, ambilah sampel gambar dan spesifikasi produk dari online shop seller tadi, dan mulailah berjualan. Manfaatkan berbagai media sosial sebagai tempat promosi.

Bisnis Jasa Web Design

Salah satu bisnis yang cukup lama bertahan yaitu jasa web design. Menjadi web designer bukan lagi profesi yang dipandang sebelah mata, banyak orang yang sukses dengan menekuni usaha ini. Perkembangan bisnis web design cukup menjanjikan seiring meningkatnya order akan keperluan web/blog.

Namun, usaha jas web design tidak mudah dilakukan, mengingat usaha ini membutuhkan keahlian khusus di bidang bahasa programing seperti CSS, PHP, dan HTML. Selain itu, seorang web designer dituntut menguasai kemampuan SEO yang handal.

Menjadi Blogger Profesional

Jika anda senang menulis, menguasai sedikit tentang teknik blogging dan  SEO, menjadi blogger mungkin cocok jadi pilihan. Menjadi blogger bisa dikatakan usaha tanpa modal sepeser pun, namun cukup menjanjikan untuk dijalani.

Keuntungan yang didapat seorang blogger berasal dari jasa iklan yang dipasang di blog. Banyak sekali jenis iklan yang dapat dijadikan mitra para blogger, sebut saja Google Adsense, affiliasi produk, iklan mandiri, dan sebagainya.

Menjadi YouTuber

Peluang bisnis online rumahan yang sangat menjanjikan dengan modal kecil selanjutnya yaitu menjadi YouTuber. Anda tentunya kenal dengan Pewdiepie, seorang YouTuber paling populer saat ini. Dia terbilang sangat luar biasa, karena dapat meraup lebih dari 100 Milyar setiap tahunnya dari YouTube.

Menjadi YouTuber tergolong mudah, pasalnya dapat dilakukan siapapun. Anda hanya perlu upload video ke situs YouTube, lalu promosikan video anda supaya dilihat banyak orang, dan anda dapat bayaran dari iklan yang tampil dichannel youtube anda.

Yang perlu diperhatikan jika anda ingin jadi YouTuber profesional yaitu kualitas konten (video). Buat video menarik, bermanfaat, dan menghibur, sehingga berpotensi mendapat pengunjung yang banyak. Selain itu, bekerja keraslah untuk selalu mempromosikan video anda di berbagai media sosial dan blog.

Penutup

Itu tadi peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang menjanjikan di tahun 2018. Mungkin salah satu peluang usaha tersebut dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin memulai usaha baru. Meskipun tulisan ini cukup panjang, semoga anda tidak bosan dan tetap semngat membacanya. Thanks.

Artikel Terkait

Blog ini merupakan media berbagai informasi seputar topik terkini yang diharapkan dapat menghibur dan menginspirasi pembaca.