Cara Membuat Email Gmail Kurang Dari Satu Menit


Cara membuat email Gmail sebenarnya sangat mudah dan simpel. Tapi mungkin bagi sebagian orang, terlebih bagi mereka yang masih awam dengan dunia internet, membuat email cukup membingungkan.

Email (Electronic Mail) atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai surat elektronik merupakan salah satu fasilitas yang wajib kita miliki sebagai pengguna internet. Hampir semua layanan di internet mensyaratkan setiap penggunanya memiliki sebuah email.

Pada mulanya, email hanya dipergunakan  untuk mengirim atau menerima file, baik dalam bentuk file Office, Gambar, suara maupun video. Namun pada saat ini, email dipergunakan lebih daripada sekedar untuk mengirim atau menerima file. Misalnya, jika kita ingin bergabung atau membuat sebuah akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya, syarat pertama yang diminta pasti sebuah alamat email.

Contoh lain aktivitas penggunaan internet yang mewajibkan kita memiliki email misalnya proses jual beli online. Jika kita ingin membeli sebuah barang dari toko online, biasanya kita diminta terlebih dahulu untuk mendaftarkan akun dengan email yang telah kita miliki. Intinya, pendaftaran apapun di internet, lazimnya menggunakan sebuah email.

Akun email sendiri dapat kita miliki secara gratis alias tanpa bayar. Penyedia layanan email yang paling populer saat ini diantaranya adalah Google Mail atau Gmail.com, Yahoo.com, dan Hotmail.com. pada postingan kali ini Cairkan.com tidak akan membahas bagaimana cara membuat email dari ketiga layanan email tersebut, namun khusus akan membahas cara membuat email dengan menggunakan layanan Gmail saja. 

Step By Step Cara Membuat Email Gmail

Gmail merupakan layanan email gratis yang disediakan oleh Google. Dengan satu akun Gmail yang kita miliki, kita bisa mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh Google seperti Youtube, Google +, Blogger, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat email gmail:

1. Untuk membuat sebuah akun Gmail, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengunjungi situs google mail.

2. Klik tab “CREATE AN ACCOUNT” atau “BUAT AKUN’’ yang berada di pojok kanan atas halaman Gmail.


3. Setelah itu Kamu akan diarahkan ke halaman pendaftaran. Silahkan isi setiap kolom yang telah disediakan.

  • Nama: Isi dengan nama lengkap
  • Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang kamu inginkan, misal: ahmadmadtasan@gmail.com.
  • Buat sandi: isi dengan sandi/pasword, saya sarankan bikin sandi yang tidak mudah ditebak orang lain.
  • Konfirmasi sandi Anda: masukan ulang kata sandi yang telah dibuat
  • Tanggal lahir: isi dengan tahun, bulan, dan tanggal lahir kamu
  • Gender: pilih sesuai jenis kelamin 
  • Ponsel: isi dengan no HP yang masih aktif.
  • Alamat email saat ini: optional (kosongkan saja)
  • Lokasi: pilih Indonesia 
  • Jangan lupa Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
  • Klik tombol “Langkah Berikutnya“ atau "Next Step"



4. Selanjutnya akan tampil halaman pop up yang merupakan privacy policy dari Google. Silahkan kamu klik “I Agree” atau”Saya Setuju”.

5. Terakhir akan muncul halaman Selamat Datang. Jika kamu sudah masuk ke halaman ini, berarti kamu telah berhasil membuat email gmail. Langsung saja klik tombol “Lanjutkan ke Gmail”.

Itulah cara membuat email gmail dalam waktu yang relatif singkat. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa gunakan email yang telah dibuat untuk hal yang positif.



Artikel Terkait

Blog ini merupakan media berbagai informasi seputar topik terkini yang diharapkan dapat menghibur dan menginspirasi pembaca.